A To Z PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI INDONESIA #goforit


A To Z PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI INDONESIA #goforitInternet bukan sesuatu yang asing lagi saat ini. Siapa yang tidak mengenal internet…??? Mulai dari kota besar sampai pelosok desa, boleh dibilang sudah familiar. Entah hanya sekedar mendengar kata Internet maupun yang benar-benar memanfaatkan internet.

Ini membuktikan bahwa mau tidak mau, siap tidak siap, masyarakat di belahan dunia manapun sudah tergiring ke Era Teknologi, yaitu era dimana komunikasi dan informasi global sudah bisa terhubung dengan mudah oleh semua orang.

Jika dulu untuk sekedar berkirim kabar hanya bisa dilakukan lewat kurir dan merpati pos, lalu meningkat dengan adanya jasa pos dan telegram, lambat laun merangkak ketika ditemukannya pesawat telepon jaringan kabel. Kemudian hadir telepon VOiP yang segera tergeser oleh telepon berteknologi GSM yang dikenal dengan Hand Phone (HP). Meski pada awal munculnya HP di era tahun 90-an sempat menjadi kontroversi bahkan sampai merambah ranah perdebatan public hingga menjadi bagi Simbol Prestise Golongan Atas.

Mengapa bisa jadi Simbol Prestise…?
Karena pada era tahun 90-an, harga sebuah HP bernilai jutaan. Juga biaya langganan operator selular cukup mahal, diatas Rp. 100.000,-/bulannya. Ini masih belum dihitung tambahan biaya pemakaian pulsa diluar batas pemakaian yang sudah ditetapkan oleh para operator selular masing-masing. Boleh dibilang HP adalah “Barang Mewah” saat itu. Hanya orang-orang kaya yang bisa memiliki Hand Phone alias HP.

Setelah Era Teknologi GSM berformat JAVA dan GPRS, ikut lahir Era Teknologi CDMA. Bebera tahun kemudian muncul Generasi ANDROID, sebuah generasi terbaru teknologi telekomunikasi yang sangat booming sampai dengan detik ini.

Perkembangan teknologi telekomunikasi, semakin marak setelah banyak vendor HP dari daratan China ikut “bermain”, membuat harga HP bisa menjadi lebih murah, bahkan sangat murah sekali. Dengan uang Rp. 300ribuan, sekarang ini sudah bisa mendapatkan HP bergenre ANDROID. Sungguh fantastis khan…?

Setelah diatas mengupas “Perjalanan Hidup” Hand Phone, sekarang kita masuk ke area teknologi yang ditanamkan pada sebuah Hand Phone. Kalau dulu cukup dengan JAVA dan GPRS, kemudian muncul teknologi 2G. Tidak bertahan lama 2G langsung digeser oleh teknologi 3G. Belum juga masyarakat betul-betul menikmati kehandalan 3G, sekarang ini sudah lahir era teknologi 4G atau yang biasa disebut teknologi 4G LTE.

Teknologi 2G, 3G dan 4G LTE adalah lebih ditujukan pada renovasi serta revolusi peningkatan kecepatan pertukaran data (pengiriman dan penerimaan) yang akan bisa maksimal pada penggunaan perangkat Hand Phone bergenre Android. Teknologi 4G LTE bisa diterapkan pada Hand Phone berbasis GSM dan CDMA.

Lomba Blog Smartfren
Yang perlu digaris-bawahi, pada saat operator selular berbasis GSM masih berkutat dengan 4G LTE, Operator Selular SMARTFREN yang berbasis CDMA sudah menerapkan 4G LTE ADVANCE. Smartfren 4G LTE Advanced Ini tentunya gebrakan dan keunggulan yang diberikan SMARTFREN untuk memanjakan pelanggannya dalam kecepatan pertukaran data. Perlu dicatat juga, ketika para operator selular berbasis GSM cakupan sinyalnya hanya bisa ditangkap dengan baik pada daerah pedesaan yang masih berdekatan dengan kecamatan, SMARTFREN sebagai operator selular berbasis CDMA, layanan dan cakupan sinyalnya Sangat Memuaskan karena bisa ditangkap dengan baik sampai ke pelosok desa terpencil dan pegunungan, dan internet cepat pun bisa di nikmati oleh orang banyak.

Selain itu tarif yang ditawarkan oleh SMARTFREN 4G cukup murah, sehingga masyarakat menengah ke bawah masih bisa berlangganan tanpa takut uangnya habis tersedot hanya untuk membeli pulsa dan paket internet.

Semoga tulisan yang ada di blog ini bisa menambah wawasan para pembaca semua.

Salam Budaya Lukis Tusuk Gigi T-WooL

TAG : 4G, 4G LTE, Smartfren 4G, Smartfren 4G LTE Advanced, Smartfren

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "A To Z PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI INDONESIA #goforit"

Post a Comment